5 Daerah Termiskin di Indonesia

Daerah Miskin di Indonesia
Warga beraktivitas di kawasan Petamburan, Jakarta, Selasa (2/7/2019). Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Rodrigo A Chaves mengatakan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo pada periode 2014-2019, Indonesia berhasil menekan angka kemiskinan hingga di bawah 10 persen. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.

Selama pandemi Covid-19, telah terjadi penambahan terhadap jumlah rakyat miskin di Indonesia. Menurut data yang tercatat di BPS per September 2020 lalu, jumlah kemiskinan di Indonesia menjadi 27,55 juta jiwa setelah mengalami peningkatan sebanyak 2,75 juta jiwa. Hal ini telah ditunjukkan dalam persentase kemiskinan yang pada bulan September 2019 hanya mencapai 9,22% kini per September 2020 naik 0,97% menjadi 10,19%. 

Menurut data yang disajikan BPS, Papua adalah salah satu provinsi termiskin di Indonesia. Provinsi Papua tercatat memiliki persentase kemiskinan jauh lebih tinggi dari penduduk miskin nasional yaitu sebesar 26,8%. Sedangkan provinsi termiskin selanjutnya yang mencatat persentase kemiskinan mencapai 21,7% adalah Papua Barat, jumlah yang diambil dari total penduduknya.  

Disisi lain, provinsi Bali menjadi daerah yang paling sedikit memiliki rakyat miskin dengan persentase sebesar 4,45%. Jumlah yang jauh lebih kecil dibandingkan tingkat kemiskinan nasional Indonesia. Dari penambahan 2,76 juta jiwa rakyat miskin di Indonesia terjadi di daerah perkotaan. Hal ini dikarenakan selama pandemi Covid-19, angka kemiskinan di daerah perkotaan naik di bulan September 2020 menjadi 7,88% yang mana pada tahun September 2019 hanya 6,59%. Sedangkan jumlah rakyat miskin di pedesaan cukup kecil peningkatannya, di bulan September 2020 terhitung hanya naik menjadi 13,20% dari 12, 60% di September 2019 lalu. 

Namun, dibandingkan daerah perkotaan jumlah penduduk miskin di pedesaan tingkatannya jauh lebih tinggi. Kemiskinan di perkotaan hingga bulan September 2020 berdasarkan data BPS ada sebanyak 7,88%. sedangkan di pedesaan tercatat sebanyak 13,20% bulan September 2020. Jumlah tersebut diambil dari total keseluruhan penduduk miskin di Indonesia. 

Inilah Daftar 5 Daerah Termiskin di Indonesia

1. Papua

Papua menjadi daerah termiskin pertama di Indonesia berdasarkan data dari BPS. Sangat amat disayangkan, padahal Papua bisa dibilang daerah yang sangat kaya jika dibandingkan dengan semua daerah yang ada di Indonesia. Alasannya sudah jelas, karena seperti yang diketahui daerah Papua memiliki banyak emas berkualitas yang masih tertimbun jauh di dalam tanahnya. Jika semua emas dikeruk dan dibagi-bagikan kepada semua penduduk Indonesia, mungkin setiap orang bisa mendapat 5 kilogram emas dari tanah paling Timur ini. Namun sayang sekali, yang terjadi pada para penduduk Papua justru kebalikannya. Provinsi Papua menempati peringkat pertama dalam daftar daerah termiskin di Indonesia per September 2020 lalu. Sangat kaya namun jadi yang termiskin, sungguh miris. 

Pada awal tahun, jumlah penduduk miskin di Papua tercatat mencapai 28,40% dari total penduduk 2,8 juta orang. Jika dibandingkan dengan wilayah Indonesia lainnya, persentase tersebut adalah yang terbesar. 

2. Papua Barat

Papua Barat selain menjadi tetangga provinsi Papua, juga menjadi provinsi termiskin di Indonesia selanjutnya. Provinsi ini tidak kalah kaya dari tetangganya, namun sayang penduduknya banyak yang miskin. Nasib yang dialami oleh penduduk Papua Barat tidak kalah miris dari Papua. 

Dengan persentase kemiskinan mencapai 25,73%, provinsi ini ditempatkan pada urutan kedua sebagai wilayah termiskin di Indonesia. Jumlah tersebut sangat tinggi karena total penduduk yang tinggal di Papua Barat hanya sekitar 760 ribuan orang saja. Padahal meski daerahnya tidak dihuni emas, daerah Papua Barat tidaklah miskin. Tanahnya mengandung banyak kekayaan alam yang bernilai jual tinggi, mulai dari sawit, karet, hingga LNG. Di Papua Barat juga ada harta paling berharga berupa objek wisata favorit mancanegara yaitu Raja Ampat. 

3. Nusa Tenggara Timur

Sudah sejak lama Nusa Tenggara Timur lekat dengan stigma sebagai daerah termiskin di Indonesia. Mulai dari masalah gizi buruk, angka pengangguran tinggi, hingga fasilitas sekolah yang sangat kurang adalah pemandangan yang sering terlihat di sini. Sungguh miris sekali, padahal kekayaan Nusa Tenggara Timur sangat melimpah tapi penduduknya miskin. 

Nusa Tenggara Timur memiliki banyak keanekaragaman hayati, seperti Pulau Komodo yang tidak dimiliki provinsi lain dan bahkan dunia. Tanah ini juga memiliki hasil pertambangan bernilai tinggi, seperti batuan dan bijih besi. Belum lagi perikanan yang melimpah, peternakan dan perkebunannya yang terus menghasilkan keuntungan.

4. Maluku

Ingat sejarah ketika Portugis datang ke Maluku dan dibuat takjub oleh kekayaan rempah yang dimilikinya? Belum lagi kondisi alamnya yang sangat indah dan memukau penglihatan, kesan Maluku semakin baik di mata orang-orang. Namun sayang sekali jika apa yang dilihat mata tidak sama dengan yang dialami para penduduknya. Maluku menjadi salah satu daerah termiskin di Indonesia yang berada di posisi keempat dengan persentase mencapai 19,36%. 

5. Gorontalo

Gorontalo masuk ke dalam daftar selanjutnya provinsi di Indonesia yang memiliki banyak penduduk miskin. Total persentase dari jumlah keseluruhan penduduk Gorontalo mencapai 18,16%. Hal ini cukup janggal karena Gorontalo termasuk provinsi di Indonesia yang memiliki potensi alam sangat besar.

Hasil pertanian Gorontalo dikenal cukup bagus, terutama jagung yang memiliki potensi tinggi. Sekali panen jagung, para petani bisa menghasilkan ribuan ton. Jika mengetahui kondisi para penduduknya banyak yang miskin, tentu hal tersebut terlihat miris. Penuh dengan kekayaan alam kok tidak bisa menikmati hasilnya.

Dan itulah 5 daerah termiskin di Indonesia yang diambil dari data BPS pada bulan September 2020 lalu. Sekian.