Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online di Google Play Store

ondepedia.org – Kemajuan teknologi pada saat ini sendiri memang memudahkan banyak hal dari segala aspek, termasuk dalam kebutuhan finansial. Salah satu kategori yang saat ini juga dapat ditemukan dengan mudah adalah pinjaman online. Jenis pinjaman ini sendiri sama dengan pinjaman lain, hanya saja untuk mengajukannya Anda hanya perlu melakukannya dengan cara online. 

Banyak sekali aplikasi pinjaman online yang bisa didownload apabila Anda memang membutuhkan suntikan dana. Akan tetapi, ternyata tidak semua pinjaman online tersebut sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Di bawah ini sendiri ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar bisa menemukan aplikasi pinjaman online yang tepat di Google Play Store 

Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online di PlayStore 

Memilih aplikasi pinjaman yang tepat sangatlah penting, karena sudah banyak sekali masyarakat yang mengeluhkan penyedia pinjaman melakukan penipuan atau penagihan yang kasar. Berikut ini adalah tips untuk Anda agar dapat memilih aplikasi pinjaman online yang tepat: 

  • Pilih Pinjaman Online yang Sudah Terpercaya 

Tips pertama agar Anda mendapatkan aplikasi pinjaman online cepat yang tepat adalah yang sudah jelas terpercaya. Fintech yang sudah terpercaya biasanya sudah mendaftar di OJK, di mana badan pengawas tersebut memang melakukan pengawasan terhadap kebutuhan finansial masyarakat. Anda dapat mencari tahu di internet tentang nama aplikasi yang ingin Anda pakai. 

download dan install aplikasi pinjaman online cepat tunaiku

Sedangkan untuk mencari tahu apakah fintech sudah terdaftar di OJK adalah dengan mengunjungi situs resminya. Di mana di dalam situs OJK sudah ada daftar fintech yang diblacklist dan juga yang sudah resmi. Apabila Anda sudah memastikan bahwa fintech tersebut sudah terdaftar di OJK maka Anda bisa mengajukan pinjaman di aplikasi tersebut. 

  • Baca dan Pahami Syarat dan Ketentuan 

Tips selanjutnya adalah Anda perlu sekali membaca dan memahami apa saja syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh aplikasi pinjaman online tersebut. Karena setiap aplikasi pinjaman online sendiri tidaklah sama dan hal ini perlu Anda mengerti agar tidak merugikan diri sendiri dikemudian hari. Pastikan bahwa syarat tidak berlebihan dan masih dalam kadar wajar. 

Syarat dan ketentuan dapat tidak wajar apabila aplikasi membutuhkan akses ke ponsel Anda. Di mana hal ini sudah masuk pelanggaran, karena OJK sendiri sudah menetapkan batas yang tidak boleh dilanggar. Jadi pastikan bahwa aplikasi tidak meminta syarat akses ke dalam ponsel yang dapat mengganggu. 

Baca Juga : Badai Pandemi Covid Masih Menghantui Fintech P2P dan Masyarakat

  • Adanya Layanan Pelanggan 

Untuk dapat menilai apakah aplikasi pinjaman online di PlayStore terpercaya adalah dari adanya layanan pelanggan. Setiap pinjaman online yang sudah resmi biasanya mempunyai layanan pelanggan atau sering disebut sebagai customer service. Layanan pelanggan dari sebuah pinjaman online harus dapat dengan mudah dihubungi dan juga selalu aktif. 

Hal ini sangatlah penting, karena apabila ada dana yang tidak dicairkan atau pembayaran yang tidak masuk dapat Anda adukan dengan sangat mudah. Maka dari pada itu lebih baik Anda memastikan apakah customer service yang tertera pada aplikasi dapat dihubungi atau tidak. 

  • Hitung Bunga yang Diberikan 

Tips selanjutnya yang sangatlah penting untuk Anda perhatikan adalah dengan menghitung bunga yang diberikan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa semua perusahaan fintech harus terdaftar di OJK, di mana lembaga ini telah menetapkan aturan tentang bunga yang diberikan. Untuk bunga sendiri maksimal 24% perbulan flat atau 0,8% per harinya. 

Dengan adanya aturan tersebut maka sudah pasti Anda harus memperhatikan bunga yang diterapkan. Karena jika Anda tidak menghitung bunga ini, maka bisa saja Anda mendapatkan kerugian dari pinjaman online. Bunga yang tinggi sudah pasti akan memberatkan Anda di mana bisa saja membuat Anda kesusahan dalam melakukan pembayaran. 

  • Pilih Pinjaman Online yang Memberikan Kemudahan 

Selanjutnya agar Anda tidak salah memilih aplikasi pinjaman online adalah dengan melihat apakah pinjaman tersebut memberikan kemudahan atau tidak. Pinjaman online yang sudah terpercaya sendiri biasanya akan memberikan kemudahan bagi para nasabah. Kemudahan ini sendiri bisa dari pembayaran yang bisa dicicil ataupun juga kemudahan pengajuan pinjaman. 

  • Cari yang Suku Bunga Rendah 

Seperti yang sudah disinggung pada poin 4, bahwa Anda harus dapat menghitung jumlah bunga yang diterapkan. Di mana ada baiknya Anda mencari pinjaman online yang mempunyai suku bunga rendah agar Anda tidak terlalu keberatan saat membayar. Tentu saja ini sangatlah penting agar Anda tidak mendapatkan pinjaman online yang hanya ingin menipu dengan bunga tinggi. 

  • Lihat Review 

Di Google PlayStore sendiri terdapat fasilitas untuk memberikan review, di mana hal ini dapat Anda manfaatkan. Anda dapat melihat review dari beberapa pengguna atau bahkan yang sudah mengajukan pinjaman. Tentu saja semakin bagus review yang diberikan maka sudah pasti bahwa aplikasi tersebut sudah terpercaya.