Punya Dana Lebih Sebaiknya Mulai Investasi Dimana? Simak Ulasannya!

ondepedia.org – Setiap orang tentu memiliki penghasilan yang berbeda beda, begitu pula dengan pengeluaran yang tidak bisa disamaratakan. Oleh karena itu, cara pengelolaannya pun tidak bisa dibuat sama untuk tiap orang. Akan tetapi, jika kamu memiliki uang lebih tentu harus dikelola dengan baik agar tidak habis untuk hal hal yang tidak perlu. Salah satu cara yang tepat untuk mengelola keuangan adalah investasi, termasuk untuk anak muda. Yuk intip beberapa pilihannya di sini!

Beberapa Jenis Investasi yang Dapat Kamu Pilih

  1. Reksadana

Beberapa orang takut melakukan investasi karena kurang memahami sistem kerja investasi dan takut rugi tentunya. Oleh karena itu, di era yang serba canggih saat ini hadir reksadana sebagai pilihan investasi yang paling tepat untuk pemula. Kamu pun tidak perlu memahami sistem kerja yang rumit karena akan dikelola oleh Manager Investasi. Dengan begitu, kamu dapat memulai investasi sejak muda tanpa takut risiko tinggi hingga pendapatanmu dapat dikelola bak.

reksadana

Keuntungan menggunakan reksadana karena tersedia berbagai pilihan, seperti reksadana pasar uang yang sangat aman, reksadana saham dengan return dan risiko tinggi, serta reksadana campuran dengan sistem kerja keduanya. Proses investasi di reksadana dapat dilakukan secara online, sehingga dapat dilakukan melalui berbagai marketplace. Ketiga minimum investasi di reksadana sangat kecil, yaitu mulai dari 10 ribu rupiah dengan hasil yang cukup tinggi.

  1. Saham

Salah satu investasi terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilih saham karena returnnya pun cukup tinggi. Akan tetapi, dalam melakukan investasi saham harus menyiapkan beberapa hal. Pertama, mempelajari dengan baik sistem kerja investasi saham dan tidak mudah terpancing dengan melihat kesuksesan orang lain. Lakukan investasi saham karena sudah siap, paham mengenai sistem kerja berdasarkan pengetahuan, dan memiliki keyakinan.

Kedua, pilihlah saham blue chip yang diklam sebagai saham terbaik di Bursa dengan memilih berbagai perusahaan yang sudah teruji. Indonesia telah memiliki berbagai perusahaan yang terpercaya untuk kamu pilih. Ketiga, letakkan uangmu di berbagai instrumen investasi saham agar tetap stabil saat harga saham anjok. Keempat, lekukan investasi saham dalam jangka panjang agar dapat memperoleh return saham yang paling optimal.

  1. Emas

Salah satu jenis investasi yang paling populer dan tidak pernah lekang oleh waktu adalah emas. Jika kamu menginginkan investasi jangka pendek, emas menjadi salah satu pilihan yang paling tepat. Tidak hanya itu, harga emas cukup stabil sehingga instrumen satu ini memiliki daya tarikĀ  yang cukup tinggi saat terjadi krisis. Menariknya, di era yang serba modern ini tidak perlu untuk membeli emas murni ke tokonya karena telah tersedia investasi emas secara online.

Keuntungan yang dapat kamu peroleh dari instrumen satu ini cukup membuat banyak orang tertarik. Pertama proses beli dan jual emas sangat mudah dilakukan karena saat ini dapat kamu lakukan secara online. Kamu tidak perlu menyiapkan waktu untuk pergi ke kantor cabang saat harus berinvestasi karena telah tersedia aplikasi di google Play store. Selain itu, kemungkinan tertipu juga sangat kecil karena tidak ada risiko emas palsu yang dapat menghabiskan uangmu.

logam emas

Ketiga, kemungkinan kehilangan emas juga lebih kecil karena emas yang kamu beli langsung disimpan dalam tempat menabung emas online. Keempat, membeli emas sudah dapat kamu lakukan secara online melalui berbagai platform yang telah bekerja sama. Kelima, minimum investasi online dapat dijangkau berbagai kalangan karena hanya 5 ribu rupiah. Keuntungan lainnya kamu dapat memperoleh emas logam mulai secara fisik dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Salah Satu Budaya Jawa Barat, Wayang Golek

  1. Tabungan Berjangka

Salah satu instrumen investasi ini cukup populer karena telah ditawarkan oleh berbagai bank. Sistem yang dipakai oleh tabungan berjangka ini sedikit berbeda dengan tabungan biasa karena suku bunga yang diberikan lebih besar dan di atas inflasi. Akan tetapi, para nasabah dilarang melakukan penarikan dari tabungan berjangka dalam periode tertentu. Jika kamu melanggar ketentuan ini, diwajibkan untuk membayar denda penarikan kepada bank terkait.

Jika kamu berencana untuk investasi jangka pendek, instrumen ini menjadi pilihan yang tepat karena dapat diambil pada saat kamu membutuhkannya. Beberapa bank menerapkan sistem tabungan dalam hitungan bulan hingga tahun, sehingga harus memperhatikan secara detail. Memilih tabungan berjangka ini sangat aman karena risikonya sangat kecil bahkan nol. Melalui tabungan berjangka ini pun uangmu tidak akan hilang, justru bertambah karena bunga besar.

Memiliki uang, tetapi bingung pengolalaannya? Jangan khawatir karena tersedia berbagai pilihan untuk investasi agar uangmu tidak terpakai untuk hal hal yang tidak berguna. Tersedia empat investasi dengan jangka dan risiko yang berbeda beda. Beberapa instrumen investasi memiliki aturan mengenai sistem kerja dan minimum investasi. Reksadana dan emas memiliki minimum investasi yang relatif kecil, yaitu 5 ribu sampai 10 ribu. Sudahkah tertarik untuk investasi?